Header Ads

Sensasi Makanan Gurih Nikmat Berkuah Disantap Tanpa Sendok, Katupat Kandangan Nih Bos!

KATUPAT KANDANGAN sudah menjadi primadona kuliner di Kalimantan Selatan sejak lama. Kuliner satu ini memiliki citarasa yang khas dan cara menyantapnya yang unik. Kalau biasanya makanan berkuah semacam lontong disantap menggunakan sendok, ini berbeda. Cara menyantapnya dengan menggunakan tangan.

---------------------------------------

Warteko | Semacam obrolang warung.

---------------------------------------

Katupat kandangan terkenal dengan rasa gurih dari kuahnya yang bersantan kental. Selain itu rasa ketupatnya yang khas menambah nikmat kuliner khas dari Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini.

foto: nstagram/@sasmitaedo

Apalagi jika ditambahkan sambal yang bercitarasa sedikit asam, tambah menggugah selera. Bumbu-bumbu rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh, cabai, kemiri, bawang merah, bawang putih sangat terasa di kentalnya kuah Katupat Kandangan.

Cara makannya pun unik, karena direkomendasikan menggunakan tangan saja. Ketupat diremas-remas, lalu mulai bercampur dengan kuah dan sensasi rasa yang kompleks bisa kita nikmati. Gurih, asin, manis, dan kuah berbody tebal. Serta aftertaste yang panjang.

Biasanya Katupat Kandangan akan ditemani lauk ikan Haruan (gabus) yang memiliki rasa "manis" dan tekstur yang lumayan lembut. Sehingga ikan ini menjadi pendamping santap yang diminati bersama Katupat Kandangan.

Pada proses pembuatannya, ketupat terbuat dari beras dan cara khusus. Ini membuat ketupat mudah hancur dan menyerap kuah. Jelas saja Katupat Kandangan ini akan mudah kita dapatkan di Kota Kandangan sang asal kuliner ini. Namun di daerah lain di Kalsel terkadang juga ada warung Katupat Kandangan, seperti di Banjarmasin. 

close
pop up banner