Header Ads

Juli 2024 Presiden Bakal Berkantor di IKN, Bagaimana Persiapannya?

RAKYATPRESS - Presiden Jokowi menyatakan ia akan memulai aktivitas kantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur, Juli 2024.

foto: dok,twitter @jokowi

"Dalam bulan Juli mendatang. Saya akan menunggu hingga bandara dan jalan tolnya selesai terlebih dahulu," ucap Jokowi ketika berbicara dalam acara peresmian pembangunan infrastruktur keuangan di wilayah IKN, pada hari Kamis, tanggal 28 Februari 2024.

Dia menjelaskan setelah infrastruktur bandara dan jalan tol selesai dibangun, perjalanan dari Bandara Nusantara ke IKN hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Selain itu, pembangunan jalan tol juga diharapkan dapat mengurangi waktu perjalanan dari Kota Balikpapan ke IKN dari sekitar dua jam menjadi sekitar 45 menit.

"Jadi, kami sangat berharap bahwa dengan adanya fasilitas jalan tol dan bandara, akan meningkatkan lalu lintas ke IKN," tambah Jokowi, seperti yang dikutip oleh ANTARA.

Dalam acara lainnya, pada saat penanaman batu pertama untuk pembangunan gedung Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) di IKN, Jokowi menegaskan bahwa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan lebih dulu memulai aktivitas kantor di ibu kota baru Indonesia tersebut."Basuki yang akan melakukannya," katanya.

IKN ditargetkan akan memulai operasinya pada tanggal 17 Agustus 2024, yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Komitmen Pemerintah

Pemerintah menegaskan komitmen untuk menjadikan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai model transformasi bekerja dan mempercepat penyediaan lahan untuk investasi. Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai rapat bersama Presiden Jokowi dan jajarannya membahas tindak lanjut kesiapan lahan dan investasi di IKN. "Bukan hanya memindahkan ibu kota tapi contoh transformasi bekerja yang lebih cepat. Jadi kami, terutama dari Otorita, diminta untuk bekerjanya memang istilahnya menjadi contoh bagi pemda-pemda seluruh Indonesia nantinya. Jangan sampai malah Otorita ini terbawa sistem langgam birokrasi yang berbelit-belit dan lambat," kata Basuki di Istana Negara, Rabu (13/03/24) seperti diberitakan kbr.id. Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan adanya dua arahan khusus dari Presiden terkait percepatan investasi, yakni penyediaan meja pengaduan khusus untuk investor dan penunjukan petugas (PIC) untuk intens berkomunikasi dengan investor. Mengenai progres pembangunan, kata dia, infrastruktur dasar seperti air bersih dan jalan tol ditargetkan rampung pada pertengahan 2024. Jika infrastruktur pendukung sudah siap, Basuki menjelaskan, Presiden Jokowi berencana mulai berkantor di IKN.

close
pop up banner