Header Ads

SAHIBARINFO: Proyek Kereta Api Kalsel Bakal Lanjut Gak Nih? Rp25 Triliun?

PROYEK kereta api Kalimantan Selatan merupakan proyek yang digagas oleh awal masa pemerintahan Presiden Indonesia yang ketujuh, Joko Widodo. Penyelenggaraan proyek ini dalam rangka pembangunan Proyek Strategis Nasional periode 2014-2019. 

LEIDEN UNIVERSITY LIBRARIES (KITLV 157530) | ilustrasi KERETA API ZAMAN KOLONIAL BELANDA
Proyek ini awalnya ditargetkan selesai dikerjakan pada tahun 2019. Keterbatasan dana pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia, maka proyek rel kereta api di Kalimantan Selatan menjadi tertunda dan belum terselesaikan hingga sekarang. 

Untuk itu, pihak Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan perlu dukungan kepada swasta maupun kerja sama dengan investor asing agar merealisasikan proyek kereta api di pulau Kalimantan tersebut. Prioritas utama proyek rel kereta api ini yaitu jurusan Banjarmasin - Tanjung dan Banjarmasin - Palangkaraya.

Proyek pembangunan jalur rel kereta api di Kalimantan Selatan merupakan program lanjutan dalam menyelesaikan sistem transportasi darat yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Pada umumnya, rencana pembangunan jalur rel kereta api di Kalimantan Selatan sebenarnya sudah ada sejak direncanakan dimulai pada tahun 2015. 

Namun hingga saat ini masih belum diselesaikan pembangunannya. Merujuk pada rencana pembangunan jalur kereta api trans Kalimantan dari Peraturan Menteri Perhubungan nomor 43 tahun 2011 tentang RIPnas, dalam rangka mendukung Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2011 tentang Rencana Utama Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Anggaran yang diperlukan untuk pembangunan infratstruktur kereta api di Kalimantan Selatan ini diprediksi bisa mencapai Rp24 triliun. (wikipedia)

close
pop up banner