Header Ads

Nyeduh Teh Celup Pakai Air Galon Am4nah Kok Tambah Nikmat?

BAGI saya, tiap air, baik itu air galon isi ulang lima ribuan, atau merek lain, memiliki pengaruh yang berbeda kepada citarasa dan aroma dalam seduhan teh celup. Iya, teh celup lho ya, bukan teh specialty yang punya grade di atas teh celup.

foto: https://www.nibble.id/
Bagi sebagian orang mungkin apapun airnya, rasa teh ya tetap akan sama. Mungkin iya, jika kita menyeduh teh lalu menambahkan gula ke dalamnya. Rasa dan aroma teh kadang jadi terpengaruh dengan rasa dan aroma manis dari gula. Lebih fair  jika kita membuktikannya dengan menyeduh teh tanpa campuran apapun, alias teh tawar.

Air galon Am4nah memiliki PH air di atas delapan, mungkin kandungan PH di atas delapan ini berpengaruh pada proses ekstraksi teh (mungkin lho ya, bukan pakar soalnya). Entah mengapa saat menyeduh teh celup dengan air ini, teh tidak cepat langsung coklat pekat, tapi-tapi pelan-pelan agak kemerahan atau kekuning cokelatan.

Sebagai catatan, teh yang biasa saya seduh adalah teh merek S4r1W4ng1 dengan varian mawar, dengan kotak kemasan berwarna pink. Sebenarnya ada juga yang enak, versi saya, yaitu teh celup S05r0 kemasan lama, untuk yang baru saya kurang begitu sesuai.

Sepertinya air dengan PH tersebut lebih lambat melakukan ekstraksi dan lebih bisa mengeluarkan aroma yang wangi. Ini berbeda saat saya menggunakan air galon isi ulang lima ribuan. Teh jadi cepat lebih coklat dan agak lebih pait. Warnanya juga jadi cepat jadi coklat tua, aroma teh pun kurang wangi cenderung agak burn. Tanpa bermaksud memojokkan air jenis ini ya, karena sehari-hari saya juga sering konsumsi air ini.

Tapi, ada juga saya menemukan, air galon isi ulang lima ribuan yang ada di dekat rumah saya. Ternyata mampu juga menghasilkan seduhan teh seperti air galon Am4nah. Entah kenapa yang itu beda, walaupun secara rasa, saya mendeteksi air isi ulang tersebut seperti ada hint air ledeng gitu lho. Entahlah, apakah ini oplosan atau apa gak tau, atau emang dari sononya. Tapi masih sangat layak minum untuk di lidah sih, gak masalah.

Padahal menurut teori, air yang bagus untuk menyeduh teh adalah air dengan PH di bawah tujuh. Katanya akan menghasilkan teh yang lebih soft secara citarasa. Apakah ini masalah selera? Bisa juga sih. Misalnya nih, kecenderungan selera saya adalah teh yang secara rasa dan aroma menonjol. Maka jelas air yang bagus menurut saya untuk menyeduh teh adalah air yang ber-PH di atas tujuh.

Tapi menurut--selera saya-- air yang paling sesuai sementara ini adalah air galon Am4nah. He-he-he. Entahlah di daerah lain di luar Banjarmasin apakah galon merek ini juga tersedia. Kalau di Banjarmasin sih sepertinya masih banyak, tapi juga kadang tidak mudah didapatkan. Semudah mendapatkan galon merek lainnya.

close
pop up banner